PELATIHAN USAHA KRIPIK SALAK

  Pokok Bahasan : 

1.     1.  Pengantar





Pada jaman sekarang, banyak masyarakat yang memilih membuka usaha sendiri, entah itu berupa produk makanan-minuman, pakaian, hingga peralatan sehari-hari. Banyak masyarakat yang menggunakan potensi-potensi yang ada dilingkungan sekitarnya untuk dimanfaatkan sebagai bahan atau material pokok dalam berwirausaha. Ada yang bertujuan hanya untuk memanfaatkan potensi alam, menyalurkan hobi, hingga memang untuk memenuhi kebutuhan ekonomi atau sebagai pekerjaan. Namun, masyarakat yang membuka usaha sendiri kebanyakan adalah produk makanan, karena dinilai yang paling laris, dan merupakan produk habis (sekali makan habis), sehingga membuat peluang adanya keuntungan yang lebih dalam menjalankan bisnis didalam kuliner atau makanan.

Buah-buahan dan sayuran pun tak luput dari pandangan bisnis, diantaranya dapat diolah sebagai cemilan, hingga makanan berat. Dalam perkembangannya, cemilan ata makanan ringanlah yang paling banyak diminati, karena memang lebih cocok di pasaran, terlebih karena sekarang sedang ada pandemic, sehingga masyakarat banyak yang melakukan aktifitas dirumah dan memerlukan cadanagn cemilan atau makanan ringan.

2.      2. Apa itu kripik salak

Kripik merupakan sejenis makanan ringan yang bahan bakunya dibuat menjadi irisan tipis yang kemudian dimasak dengan cara digoreng dengan minyak, sehingga menghasilkan tekstur yang renyah. Salak merupakan buah khas yang berasal dari Indonesia yang berasal dari Jawa dan Sumatera, termasuk dalam jenis palm dengan bentuk buah yang seperti kerucut dengan ujung bulat, memiliki duru dan bersisik.

Jadi, Kripik salak adalah jenis makanan ringan yang diolah dari buah salak yang diiris setipismungkin dan dimasak dengan cara digoreng. Buah salak yang akan digoreng atau diolah sebelumnya bisa di proses seperti pengeringan untuk membantu mengeluarkan kadar air dalam buah salak.

materi keripik salak

materi issuu

3.      3. Pengenalan alat dan bahan


A.    Alat

-          Panci penggorengan

-          Solet

-          Saringan

-          Pisau

-          Baskom

-          Telenan

-          Alat pengaduk (sendok atau sebagainya)

B.     Bahan

-          Buah salak

-          Air bersih

-          Garam halus

-          Gula pasir

-          Air sekapur sirih

-          Minyak goreng

materi alat dan bahan

materi issuu

4.      4. Cara memilih bahan baku yang berkualitas



a.       Dilihat dari warna dan tekstur kulit

Salak yang baik untuk bahan baku adalah buah salak yang memiliki warna kulit berupa coklat cenderung coklat, dan teksturnya belum terlalu kering

b.      Melihat pedagang

Dalam memilih bahan baku, pedagang juga harus diperhatikan. Lebih baik jika kita membeli atau mengambil bahan baku dari pedagang atau pemasok yang memang kita kenal, atau memang sudah terbukti bahwa ia memiliki barang yang berkualitas, sehingga kita tidak tertipu mendapatkan barang atau bahan baku yang tidak berkualitas.

c.       Aroma buah

Salak yang sudah matang sempurna dan berkualitas adalah buah salak yang mengeluarkan aroma khas buah salak yang segar. Sedangkan salak yang belum matang tidak akan mengeluarkan aroma atau bau, dan sebaliknya jika sudah terlalu matang atau busuk akan mengeluarkan aroma yang sudah tidak sedap bahkan bau busuk.

materi bahan baku

materi issuu

5.     5.  Teknik / cara memproduksi kripik salak

Teknik / cara produksi keripik salak adalah :

a.       Mengupas buah salak dan memisahkan daging buah dan biji buah salak

b.      Salak dipotong atau dibelah menjadi dua bagian

c.       Rendam buah salak dalam air bersih yang dicampur dengan air kapur sirih selama 5-6 jam

d.      Tiriskan buah salak, dan bilas kembali menggunakan air bersih

e.       Keringkan buah salak yang sudah dibersihkan

f.       Goring salak kedalam penggorengan hampa udara (vacuum frying), yang sudah diberi minyak nabati atau minyak goring.

g.      Angkat dan tiriskan

materi produksi

materi issuu

6.      6. Pengemasan

Kemasan adalah wadah atau pelindung produk. Pengemasan merupakan suatu kegiatan atau aktivitas membungkus, mewadahi atau menutupi produk yang dibuat dengan tujuan melindungi dan menarik perhatian calon pembeli terhadap produk tersebut. Kemasan yang beredar bermacam-macam, ada yang terbuat dari kertas (kardus/karton), plastic atau kaca (botol, container atau wadah), logam, tekstil, dan masih banyak lainnya.

Bungkus atau kemasan yang menarik perhatian calon pembeli akan memberikan nilai lebih terhadap barang dari konsumen diantara produk yang sejenis. Kemasan yang baik akan membangun citra kualitas barang dan mendorong penjualan atau pemasaran. Kemasan memberikan kesan pertama produk kepada konsumen.  

materi pengemasan

materi issuu

7.      7. Pemasaran / marketing


Pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan untuk mempromosikan atau memperkenalkan produk kepada calon pembeli atau konsumen. Fungsi pemasaran sendiri bisa menjadi ajang untuk pengenalan produk, sehingga produk lebih dikenal masyarakat; kemudian digunakan sebagai riset yang memungkinkan produsen untuk mengetahui informasi dari pasar target; hingga distribusi yang nantinya produk sampai ke tangan konsumen dan memastikan bahwa produk memang mudah untuk didapatkan.

Pemasaran pada saat ini banyak dilakukan secara online, selain untuk menghemat waktu, pemasaran online juga bisa menghemat biaya dan  tenaga, hal ini dikarenakan sudah tidak lagi memakai poster atau pamflet yang menghabiskan biaya dalam pembuatannya serta tenaga untuk menyebarkan poster atau pamflet pemasaran tersebut.

materi pemasaran

materi issuu

8.      8. Peningkatan omset penjualan


Cara-cara meningkatkan omset penjualan

a.       Mengutamakan kualitas dan inovasi produk sehingga konsumen merasa puas dengan produk yang didapat

b.      Memberi pelayanan yang baik kepada pelanggan, yang dapat menyebabkan pelanggan tidak merasa kecewa dan akan kembali membeli produk.

c.       Melakukan promosi secara efektif dengan menjual lebih banyak kepada pelanggan untuk menghadapi pesaing-pesaing yang ada

d.      Menambah outlet diberbagai cabang atau daerah dengan tujuan target pasar baru serta mendapat pelanggan baru.

e.       Mengadakan diskon produk dan penawaran khusus, sebagai daya tarik pembeli.

materi peningkatan omset penjualan

materi issuu

9.      9. Permodalan

Jenis-jenis permodalan dalam bisnis, diantaranya :

a.       Penjualan saham

Investor mencari perusahaan yang memiliki potensi pasar yang besar kemudian menanamkan saham ke dalam perusahaan tersebut.

b.      Penanaman modal dengan bentuk surat atau uang tunai dengan cara peminjaman modal.

c.       Modal sendiri, yaitu modal yang berasal dari apa yang sudah dimiliki oleh produsen atau wirausaha.

 materi permodalan

materi issuu

untuk melihat video cara pengolahan keripik salak, bisa klik pembuatan keripik salak👉

    👉soal materi evaluasi pelatihan keripik salak bisa diakses di "SOAL PELATIHAN KERIPIK SALAK"


more info :

instagram :@jihan_azr

facebook : azzahrajihansani

Komentar

Postingan populer dari blog ini

konten ku